Jumat, 12 April 2013

Komunikasi Verbal : Komunikasi Dasar Setiap Manusia

Komunikasi Verbal adalah salah satu jenis komunikasi yang tidak bisa di pisahkan dari manusia dalam hubunganya atau interaksi sosialnya. Ini adalah jenis komunikasi paling dasar setelah kita mengetahui arti dari komunikasi. Dan Pengetian  Komunikasi Verbal adalah bentuk komunikasi yang disampaikan komuikator kepada komunikan dengan lisan atau tulisan. Dari pengertian tersebut jelas peranan komunikasi verbal sangat penting karena sebagian besar komunikasi berlangsung dengan komunikasi verbal, seperti ide-ide, pemikiran dan sebuah keputusan lebih mudah disampaikan dengan komunikasi verbal, karena komunikan lebih mudah menerima informasi dengan komunikasi verbal.

Komunikasi Verbal dan Jenisnya

Adapun setelah kita mengetahui pengertian dari komunikasi verbal, Sekarang kita akan mengetahui jenis-jenis dari komunikasi verbal tersebut :

  1. Komunikasi Lisan : Komujikasi lisan menjadikan bahasa sebagai media penyampaian pesan. Pemikiran dan perasaan orang disampaikan dengan menggunakan kata-kata yang diangap tepat untuk mengambarkannya.
  2. Komunikasi Tulisan : Menjadikan symbol yang dituliskan kepada sebuah media, baik itu kertas maupun yang lain sebgai alat penyampaina ide atau perasaan. 
Pentinganya dari komunikasi verbal ini,pesan yang disampaikan dapat diterima dengan baik oleh komunikan sehingga komunikan pun dapat memberikan feedback (jika diperlukan) dengan komunikator yang menyampaikan pesan. Sehingga dapat dipastikan dengan komunikasi verbal ini kesalahan persepsi dapat diminimalisir atau bahkan ditiadakan dan ini menjadi salah satu kepentingan dari sebuah komunikasi. Karena itu kemampuan dalam penggunaan bahasa sangat diperlukan oleh seorang komuikator. 

Komunikasi Verbal




Tidak ada komentar:

Posting Komentar